Mengatasi Error Updating Failed / Publishing Failed di WordPress

Nasikhun A. 19 Jun 2024 4 Menit 0

Apakah Anda mencoba mempublikasikan artikel tetapi mengalami kegagalan dengan munculnya pesan Publishing failed atau Updating Failed? Error di WordPress bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah koneksi internet hingga isu pada REST API.

Kesalahan ini sering terjadi pada WordPress yang menggunakan Block Editor. Karena masalah ini, Anda menjadi tidak bisa mempublikasikan post atau page.

Jadi, apa yang menyebabkan pesan error Publishing failed muncul di WordPress? Apa saja variasi pesan kesalahan yang bisa muncul? Bagaimana Anda dapat mengatasi masalah error Publishing failed di WordPress? Dapatkan semua jawaban Anda dalam artikel ini!

Mengapa Terjadi Error Publishing Failed di WordPress

Editor Gutenberg yang berbasis block telah menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang website WordPress, menggantikan editor klasik. Namun, penggunaan editor ini tidak menjamin pengguna CMS ini terbebas dari kesalahan.

Salah satu kesalahan yang mungkin terjadi pada pengguna editor terbaru ini, baik pada WordPress versi 6.5 atau versi sebelumnya, adalah munculnya pesan Publishing failed.

Cara Mengatasi Error Publishing Failed di WordPress

Pesan Publishing failed ini adalah indikator kesalahan yang muncul saat Anda tidak berhasil mempublikasikan sebuah halaman atau post. Pesan tersebut biasanya singkat dan seringkali disertai dengan pesan tambahan seperti:

  • Publishing failed. You are probably offline.
  • Publishing failed. The response is not a valid JSON response.
  • Publishing failed. Could not update post in the database.

Cara Mengatasi Error Publishing Failed di WordPress

Pesan-pesan di atas muncul saat Anda mencoba menekan tombol Publish atau Update pada post atau halaman yang Anda kerjakan. Tentunya, ini bisa sangat mengganggu proses kerja Anda, bukan?

Cara Mengatasi Error Publishing Failed di WordPress

Untuk mengatasi error Publishing failed pada website WordPress Anda, Anda bisa mencoba beberapa metode pemecahan masalah berikut ini!

1. Perbaiki Koneksi Internet dan URL Situs

Salah satu penyebab paling umum dari error ini adalah koneksi internet yang buruk. Error ini sering muncul dengan pesan:

Publishing failed. You are probably offline.

Pastikan koneksi internet Anda stabil dan tidak terganggu. Gangguan pada koneksi internet dapat menghambat editor WordPress dari terhubung dengan server, sehingga Anda tidak dapat melakukan publikasi.

Namun, jika Anda menginstal WordPress di localhost, Anda tidak memerlukan koneksi internet untuk mempublikasikan artikel Anda.

Selain itu, Anda juga harus memeriksa apakah URL website Anda bermasalah. Jika alamat URL website dengan WordPress Address berbeda, peluang terjadinya error cukup tinggi.

Untuk memeriksanya, buka Settings pada menu sidebar kiri, pilih General, lalu periksa pada bagian Site Address (URL) dan WordPress Address. Pastikan kedua alamat tersebut sama, karena perbedaan URL bisa menimbulkan error.

Publishing failed. You are probably offline.

2. Non-aktifkan Semua Plugin WordPress

Jika tidak ada masalah pada koneksi internet dan URL situs, namun masih muncul pesan Publishing failed, langkah selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menonaktifkan semua plugin di WordPress.

Untuk melakukannya, buka menu sidebar di sebelah kiri dan klik Plugins. Centang kotak di samping “Plugin” untuk memilih semua plugin, kemudian klik Bulk actions, pilih opsi Deactivate, dan klik Apply.

Cara Mengatasi Error Publishing Failed di WordPress

Setelah menonaktifkan semua plugin, coba lakukan posting artikel lagi untuk memeriksa apakah masalah Publishing failed telah teratasi. Jika post berhasil dipublikasikan, ini menandakan bahwa salah satu plugin yang Anda gunakan menyebabkan error.

Untuk mengetahui plugin mana yang bermasalah, aktifkan kembali plugin-plugin tersebut satu per satu sambil terus mencoba mempublikasikan post atau page.

Jika terbukti plugin tersebut bermasalah, Anda bisa melaporkannya kepada pembuat plugin atau mencari alternatif plugin lain yang lebih stabil, mengingat masih banyak plugin WordPress terbaik yang tersedia.

3. Masalah pada REST API

WordPress menggunakan REST API untuk menghubungkan editor dengan server. Jika jalur komunikasi ini mengalami masalah atau diblokir, maka saat Anda mempublikasikan atau meng-update post, pesan berikut akan muncul:

Publishing failed. The response is not a valid JSON response.

Untuk melakukan troubleshooting, Anda bisa melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa REST API masih bekerja dengan normal. Caranya adalah dengan menggunakan Site Health Tool yang tersedia di dalam WordPress.

Buka menu Tools di sidebar kiri > pilih Site Health > kemudian buka bagian The REST API encountered an unexpected result.

Publishing failed. The response is not a valid JSON response.

Publishing failed. The response is not a valid JSON response.

Jika REST API diblokir, Anda akan melihat pesan berikut:

The REST API encountered an unexpected result.

REST API adalah salah satu cara komunikasi antara WordPress dan aplikasi lain dengan server. Salah satu contohnya adalah layar editor block, yang bergantung pada REST API untuk menampilkan dan menyimpan post serta halaman Anda.

Selanjutnya, perhatikan pesan error yang muncul. Biasanya, akan ada informasi yang menunjukkan adanya potensi masalah yang menyebabkan munculnya pesan Publishing failed. The response is not a valid JSON response.

4. Gunakan Editor Klasik

Langkah terakhir yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah dengan pesan “Publishing failed. The response is not a valid JSON response.” adalah dengan beralih ke editor klasik.

Anda bisa menginstal plugin WordPress yang bernama Classic Editor. Plugin ini dapat membantu dalam publikasi post karena editor klasik tidak bergantung pada REST API.

Setelah berhasil menginstal plugin Classic Editor, coba lakukan publikasi ulang postingan Anda. Namun, jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan instalasi, Anda dapat membaca artikel mengenai penyebab dan solusi ketika tidak bisa menginstal plugin di WordPress.

Apakah Anda Telah Berhasil Mengatasi Masalah Gagal Install Plugin di WordPress?

Itulah beberapa solusi untuk mengatasi masalah ketika muncul pesan error Publishing failed saat Anda mencoba memposting artikel di WordPress. Jika Anda mengalami kendala, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini!

Jika Anda memerlukan bantuan dalam mengembangkan website, terutama yang berbasis WordPress, Anda dapat bekerja sama dengan Tim Tonjoo, yang memiliki pengalaman dalam mengembangkan website berbasis WordPress untuk klien seperti Universitas Gadjah Mada, Hipwee, dan banyak lainnya.

Jika Anda tertarik untuk bekerja sama, silakan hubungi Tim Tonjoo melalui kontak kami.

SMTP


Baca artikel terkait WordPress, WooCommerce, Plugin dan pengembangan website lainnya dari Moch. Nasikhun Amin di blog Tonjoo Studio.


 

Last Updated on Juni 25, 2024 by Nasikhun A.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

A late specializer, data-informed technical writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.