Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Plugin di WordPress

Nasikhun A. 25 Jun 2024 3 Menit 0

Apakah Anda tidak bisa install plugin di WordPress? Masalah instalasi saat menggunakan Content Management System (CMS) WordPress sering terjadi, bahkan pada versi terbaru seperti WordPress 6.5. Kegagalan ini tentunya dapat mempengaruhi produktivitas Anda, bukan?

Untuk mengatasi masalah instalasi plugin di WordPress, terdapat beberapa solusi yang bisa Anda terapkan, mulai dari yang paling sederhana hingga yang memerlukan sedikit keahlian teknis. Berikut adalah beberapa opsi yang dapat Anda coba!

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Plugin di WordPress

Jika Anda telah menemukan plugin WordPress atau plugin WooCommerce yang ideal untuk pengembangan website Anda, tetapi menghadapi kendala karena Anda tidak bisa install plugin di WordPress, ini bisa menjadi penghambat dalam pekerjaan Anda.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah instalasi plugin di WordPress:

a. Cek Pesan Error yang Muncul

Saat terjadi kesalahan atau error di WordPress, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa pesan error yang ditampilkan. Pesan ini sering muncul saat Anda mengalami kegagalan dalam menginstal plugin WordPress tertentu.

Pesan error tersebut akan memberikan petunjuk tentang apa masalah yang sebenarnya terjadi, mulai dari penyebab kegagalan instalasi, masalah izin (permission issues), isu kompatibilitas, hingga kemungkinan plugin yang rusak.

Sebagai contoh, jika Anda mencoba menginstal WooCommerce atau plugin Classic Editor di WordPress dan instalasi gagal dengan pesan:

Installation failed: Could not create directory.

tidak bisa install plugin di wordpress

Pesan tersebut menandakan bahwa instalasi plugin gagal karena sistem tidak dapat membuat direktori. Anda bisa menyalin pesan tersebut dan mencarinya di Google. Biasanya, Anda akan menemukan banyak artikel yang membahas solusi untuk masalah tersebut.

b. Verifikasi Izin File

Langkah selanjutnya untuk mengatasi gagal install plugin WordPress adalah dengan memeriksa izin file. Izin file adalah sistem yang menentukan bagaimana pengguna WordPress dapat mengakses dan mengubah file di dalam sistem, termasuk pemasangan plugin.

Sebagai contoh, jika Anda ingin meningkatkan max_input_vars di WordPress, Anda biasanya memerlukan izin tertentu pada file tersebut agar dapat melakukan modifikasi. Secara umum, ada dua cara untuk melakukan ini:

  • Menggunakan Klien FTP
  • Menggunakan File Manager di cPanel

Jika website Anda sudah berjalan dengan menggunakan web hosting, Anda juga bisa mencoba menghubungi penyedia hosting Anda untuk meminta penyesuaian izin file pada server jika diperlukan.

Setelah itu, coba keluar dari WordPress Anda, masuk kembali, dan coba instal lagi plugin yang ingin Anda gunakan.

c. Unggah File Plugin Secara Manual

Jika Anda masih mengalami kesulitan atau tidak bisa install plugin di WordPress, cobalah untuk mengunggah file plugin secara manual sebelum menginstalnya.

Sebelum Anda mulai mengunggah dan menginstal secara manual, pastikan Anda telah mengunduh file plugin yang diperlukan dengan ekstensi .zip atau .rar. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi tidak bisa install plugin di WordPress secara manual:

  1. Masuk ke dashboard WP-Admin WordPress Anda.
  2. Di sidebar sebelah kiri, klik menu Plugins > kemudian klik Add New.
  3. Klik pada tombol Upload Plugin.
    cara install plugin wordpress
  4. Klik pada Choose File.
    cara install plugin wordpress
  5. Pilih file plugin yang telah Anda unduh. Pastikan file tersebut berformat .rar atau .zip, kemudian klik Open.cara install plugin wordpress
  6. Setelah itu, klik Install Now.
    cara install plugin wordpress
  7. Tunggu proses instalasi selesai dan klik Activate Plugin.
    cara install plugin wordpress

Selesai, dengan ini Anda telah berhasil menginstal plugin di WordPress secara manual. Untuk metode instalasi lain, Anda dapat membaca panduan lengkap cara menginstal plugin di WordPress.

d. Periksa Kompatibilitas Plugin

Jika upaya sebelumnya belum berhasil, masalahnya mungkin karena plugin yang Anda coba instal tidak kompatibel, entah itu dengan versi WordPress yang Anda gunakan atau dengan plugin lain.

Berikut beberapa cara untuk memeriksa kompatibilitas plugin:

  • Baca dokumentasi resmi plugin tersebut. Periksa informasi tentang kompatibilitas dengan versi WordPress, versi PHP, dan potensi masalah kompatibilitas dengan plugin lain.
  • Cek ulasan dan rating. Ulasan dari pengguna lain dan rating biasanya mencakup informasi tentang masalah yang mungkin terjadi pada plugin.
  • Kunjungi forum online. Forum seperti Stack Overflow menyediakan berbagai informasi tentang permasalahan terkait software, termasuk plugin WordPress.

Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba menginstal plugin pada website dummy. Anda dapat menginstal WordPress di localhost, membuat website sementara, dan mencoba menginstal plugin di sana untuk melihat apakah masalah yang sama terjadi.

Jika setelah itu plugin masih tidak bisa diinstal, Anda mungkin perlu menghubungi penyedia hosting atau layanan pembuatan website untuk mendapatkan bantuan.

Sudah Berhasil Mengatasi Masalah Instalasi Plugin di WordPress?

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba jika mengalami kesulitan sehingga tidak bisa install plugin di WordPress. Jika ada kendala, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini!

Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam mengembangkan website, terutama yang berbasis WordPress, Anda bisa bekerja sama dengan tim Tonjoo. Kami memiliki pengalaman dalam mengembangkan website berbasis WordPress untuk klien seperti Universitas Gadjah Mada dan Hipwee.

Jika Anda tertarik untuk bekerja sama, silakan hubungi Tim Tonjoo melalui kontak kami.

SMTP


Baca artikel terkait WordPress, WooCommerce, Plugin dan pengembangan website lainnya dari Moch. Nasikhun Amin di blog Tonjoo Studio.


 

Last Updated on Juli 2, 2024 by Nasikhun A.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

A late specializer, data-informed technical writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.