Cara Install WordPress di XAMPP Localhost dengan Benar

Nasikhun A. 20 Mar 2023 3 Menit 0

Cara install WordPress di XAMPP localhost bisa jadi metode yang dapat kamu pilih saat sedang proses development. Sehingga Anda bisa menguji fitur-fitur dan fungsi situs secara privat.

Namun, sebelum melakukan instalasi, ada beberapa tahap persiapan yang perlu Anda lakukan, sehingga proses instal WordPress di laptop atau komputer Anda berjalan lancar.

Lantas, apa itu XAMPP? Bagaimana cara install WordPress di XAMPP? Apa saja persiapan instalasi yang diperlukan sebelum melakukan instalasi WordPress? Semua pertanyaan tersebut dijawab dalam artikel ini.

Apa itu XAMPP?

XAMPP adalah perangkat lunak berupa web server yang open source yang dapat digunakan secara offline. Dalam konteks WordPress, XAMPP berperan sebagai localhost untuk menginstal dan mengembahkan WordPress tanpa harus sewa hosting.

Sehingga Anda bisa melakukan proses development dan pengujian WordPress di komputer pribadi Anda sebagai servernya. Anda tidak juga tidak membutuhkan koneksi internet saat melakukan pengembangan di localhost XAMPP.

Aplikasi XAMPP sendiri dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, MacOS, serta Solaris. Perangkat lunak ini merupakan gabungan beberapa program, yakni Apache, MySQL, PHP dan Perl.

Sebenarnya ada banyak web server yang dapat digunakan selain XAMPP, misalnya seperti WAMP Server. Namun karena XAMPP sudah cukup populer dan komunitasnya banyak, kendala terkait XAMPP akan lebih mudah menemukan solusinya.

Cara Install WordPress di XAMPP

Berikut langkah-langkah menginstal WordPress di localhost menggunkana XAMPPyang dapat dilakukan secara offline. Anda hanya perlu terhubung dengan internet ketika download aplikasi XAMPP dan file WordPress saja.

Tahap 1: Persiapan dengan Install XAMPP

  1. Install XAMPP di laptop Anda. Anda bisa mengunduhnya melalui laman Apache Friends.
  2. Jika sudah terunduh, klik kanan pada file XAMPP yang sudah Anda unduh dalam bentuk RAR > selanjutnya, pilih Run as Administrator.
    cara install wordpress di xampp
  3. Klik Start pada Module Apache dan MySQL. Apabila module MySQL tidak dapat diklik Start, silakan uninstall dan install ulang XAMPP Anda.
    cara install wordpress di xampp
  4. Klik Admin pada Module MySQL.
    cara install wordpress di xampp
  5. Masuk ke Database > isikan nama Database, kemudian klik Create.
    cara install wordpress di xampp
  6. Klik pada menu tab bar Privilages untuk embuat akun dan memberi akses > klik Add user account.
    cara install wordpress di xampp
  7. Masukkan login information yang nantinya akan dibutuhkan saat login WordPress.
    cara install wordpress di xampp
  8. Gulir ke bawah. Pada section Global privilages, Check all > klik Go. Hal ini berguna untuk memberi akses akun ke berbagai fungsi yang dicentang.
    cara install wordpress di xampp
  9. Selesai, Anda sudah berhasil instalasi XAMPP.

Oh, ya! Apabila Anda lupa dengan password yang sudah dibuat sebelumnya, Anda bisa menggunakan cara mengatasi lupa password WordPress di localhost.

Catatan: Anda tidak dapat melanjutkan proses instalasi jika tidak membuat database terlebih dahulu.

Tahap 2: Download dan Install WordPress di XAMPP

Langkah selanjutnya adalah mengunduh file WordPress terlebih dahulu, kemudian memasukkan file tersebut ke folder XAMPP yang muncul di (C:). Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download file WordPress melalui laman resminya.
    cara install wordpress di xampp
  2. Setelah file selesai diunduh, klik kanan dan klik Extract files. Selanjutnya, salin folder yang telah diekstrak tersebut.
    cara install wordpress di xampp
    Jika Anda telah menginstall web server XAMPP dan ingin memasang WordPress, maka folder WordPress tersebut harus masuk ke dalam folder htdocs.
  3. Untuk mengakses folder tersebut, silakan masuk ke Local Disk (C:) > xampp > htdocs > paste file WordPress yang Anda copy di sini. Anda dapat menamai folder WordPress sesuai kebutuhan. Di sini kami menggunakan nama belajarwp.
    cara install wordpress di xampp
  4. Jika sudah, silakan buka browser Anda (Google Chrome, Firefox, atau Edge), lalu ketik localhost/ dan tambahkan nama folder WordPress tadi. Di sini kami menulis localhost/belajarwp/.
    cara install wordpress di xampp
  5. Pilih bahasa yang digunakan pada WordPress dan klik Continue.
    cara install wordpress di xampp
  6. Pastikan Anda mengetahui beberapa point yang nantinya akan dimasukkan saat registrasi. Klik Let’s go!
    cara install wordpress di xampp
    Berikut data yang nantinya perlu dimasukkan:
    – Nama Database
    – Username Database
    – Password Database
    – Host Database
    – Table prefix (Jika Anda ingin menjalankan beberapa WordPress dalam satu database)
  7. Masukkan data tadi dan klik Submit.
    cara install wordpress di xampp
  8. Klik Run the installation.
    cara install wordpress di xampp
  9. Masukkan informasi yang dibutuhkan. Pada bagian Password, akan ter-generate password baru. Pastikan Anda mencatat password tersebut. Jika sudah, klik Install WordPress.
    cara install wordpress di xampp
  10. Selanjutnya, klik Log in.
    cara install wordpress di xampp
  11. Masukkan Username dan Password yang telah Anda catat sebelumnya dan klik Log in.
    cara install wordpress di xampp
  12. Selesai, Anda sudah berhasil melakukan instalasi WordPress pada localhost XAMPP.
    cara install wordpress di xampp

Sampai di sini, proses instalasi WordPress di localhost Anda sudah berhasil. Namun, Anda perlu melakukan konfigurasi dasar pada WordPress Anda.

Tahap 3: Kelola WordPress

Berikut ini cara melakukan konfigurasi dasar WordPress Anda, yakni dengan mengelolas tema dan juga plugin yang mungkin Anda butuhkan.

  1. Buka menu Appearance untuk memilih Tema WordPress yang Anda inginkan.
    cara install wordpress di xampp
  2. Untuk memasukkan plugin, silakan buka menu Plugins > klik Add New untuk menambahkan plugin. Untuk melihat gambaran bagaimana memasang plugin di WordPress, Anda bisa membaca artikel cara install Plugin Ongkos Kirim.
    cara install wordpress di xampp

Sudah Berhasil Install WordPress di XAMPP?

Demikian tutorial dasar cara install WordPress di XAMPP yang dapat Anda praktikkan. Dengan menggunakan XAMPP sebagai server lokal, Anda dapat melakukan proses pengembangan hingga testing situs secara privat tanpa sewa hosting.

Lantas apa saja yang harus dilakukan setelah install WordPress? Itu tergantung dengan tujuan Anda mengembangkan WordPress. Misalnya Anda ingin membuat tema secara mandiri, Anda bisa mengikuti tutorial membuat tema dasar.

Atau, jika Anda ingin mencoba membuat marketplace sendiri, Anda juga bisa mencoba cara install WooCoommerce di WordPress. Dengan begitu Anda bisa berkreasi dengan WordPress.

Namun, jika Anda tidak ingin kesulitan membuat website sendiri, Anda dapat mempercayakan pembuatan website kepada tim profesional Tonjoo yang telah berpengalaman menangani berbagai website WordPress.

Website universitas hingga media ternama seperti UGM, Pintarjualan.id, dan Hipwee adalah beberapa contoh hasilnya. Konsultasikan kebutuhan website impian Anda dengan Tim Tonjoo melalui Kontak Tonjoo sekarang juga!

Last Updated on Juli 9, 2024 by Nasikhun A.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

A late specializer, data-informed technical writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.