loader loader

Cara Migrasi Database WordPress dari Localhost ke Hosting

Melakukan development WordPress memang paling mudah dan nyaman di localhost. Selain cepat, aman juga murah meriah. Tetapi setelah development selesai, lalu apalagi yang harus dilakukan? Tentu saja meng-online kan WordPress tsb. Bahasa teknis nya adalah melakukan migrasi dari localhost ke server hosting yang sudah kita sewa sebelumnya. Ada banyak sekali jasa penyedia hosting yang murah dan cukup bagus di Indonesia, google adalah sahabat Anda untuk urusan ini.

Nah, pada tutorial kali ini kita akan sama-sama belajar bagaimana cara melakukan migrasi database WordPress dari localhost ke server hosting. Karena kebanyakan (Mungkin hampir semua) hosting saat ini menggunakan cPanel maka tutorial ini akan menggunakan cPanel sebagai medium nya.

Saya asumsikan Anda sudah selesai dengan WordPress Anda dan siap melakukan migrasi ke hosting.

1 . Export database WordPress Anda di local.

Jika Anda menggunakan XAMPP, WAMPP atau sejenisnya, Anda bisa mengakses database Anda via PhpMyAdmin. Masuk ke : http://localhost/phpmyadmin

Pilih database WordPress Anda, lalu pada bagian tab atas, klik Export. Detilnya lihat screenshot berikut ini :

Pilih database WordPress Anda

Pilih database WordPress Anda

 

2

Pilih Export

3

Pilih Quick dan klik Go

 

Nanti otomatis web browser akan mendownload file database Anda, ektensi nya adalah .sql . Simpan baik-baik file database ini, karena akan kita gunakan lagi untuk meng-upload ke hosting.

2. Buat database baru pada cPanel hosting.

Masuk ke cPanel hosting Anda, URL nya biasa nya adalah www.web-anda.com/cpanel. Untuk lebih pastinya silahkan cek lagi email yang dikirimkan oleh pihak hosting Anda.

Setelah masuk cPanel, pilih MySQL Database Wizard, untuk mulai membuat database baru Anda di cPanel :

Pilih MySQL Database Wizard

Pilih MySQL Database Wizard

 

Pada bagian ini, Anda harus mengetikan nama database yang ingin Anda gunakan. Namanya bebas.

Ketikan nama database yang ingin Anda gunakan

Ketikan nama database yang ingin Anda gunakan

 

Lalu buatlah username database Anda. Setelah itu buat password Anda. Untuk alasan keamanan, saya sarankan Anda menggunakan password generator, dan menyimpan password database Anda dengan baik.

Buat username database Anda

Buat username database Anda

 

Simpan password hasil generator di tempat yang aman. Lalu klik Use Password. Selanjutnya klik Create User.

7

Gunakan password generator demi keamanan

Pada bagian ini, jangan lupa untuk mencatat Username dan nama Database Anda, satukan dengan password database yang sudah Anda buat sebelum nya pada satu tempat yang aman.

Centang bagian All Privilages untuk memberitahu cPanel bahwa Anda adalah pemilik account ini dan Anda berhak melakukan apa saja pada database ini. Lalu klik Next Step.

Selesai lah pembuatan database.

8

Centang All Privilages

3. Import/migrasi database ke hosting

Kembali ke halaman depan cPanel, lalu klik PhpMyAdmin. Tampilan PhpMyAdmin di cPanel dan localhost Anda biasa nya sama, jadi harusnya Anda sudah cukup familiar dengan antar muka pengguna nya.

 

9

Masuk PhpMyAdmin

 

Jika Anda mengikuti langkah-langkah pembuatan database sebelumnya dengan baik dan benar, harusnya database yang Anda buat sebelum nya akan muncul di PhpMyAdmin. Klik database Anda tsb :

10

Database yang Anda buat sebelumnya akan muncul di PhpMyAdmin

 

Tentu saja database Anda disini masih kosong, karena Anda belum meng-upload database Anda dari localhost kesini. Untuk meng-upload database Anda, klik “Import” :

11

Import/upload database localhost Anda ke sini

Klik Browse, dan pilih database yang sudah Anda export sebelum nya pada poin 1. Ingat, ekstensi nya adalah .sql. Lalu klik Go.

12

Browse database Anda dan klik Go

 

Jika tidak ada masalah, maka database Anda akan berhasil di import/upload ke hosting. Anda bisa melihatnya dari pesan berhasil/success dan list table dari database Anda akan muncul di sebelah kiri :

13

Import berhasil

4. Rubah semua link http://localhost ke URL website Anda (Search & Replace Database).

Sampai tahap ini, database Anda sudah berhasil di migrasi-kan ke server hosting Anda. Tetapi masih ada satu masalah, yaitu semua link di database Anda masih mengarah ke localhost. Contoh sederhana, saat Anda mengupload image di localhost, maka link/URL image tsb adalah localhost. Tentu saja jika di akses dari website Anda di hosting akan menghasilkan 404 not found, karena link nya salah.

Untuk lebih jelas bisa lihat screenshot berikut :

URL image masih mengarah ke localhost, bukan web Anda

URL image masih mengarah ke localhost, bukan web Anda

 

Untuk itu kita membutuhkan semua tool penting bernama Search & Replace Database script. Tool ini adalah script kecil yang di upload di root WordPress Anda dan di akses melalui web browser seperti layaknya website biasa.

Silahkan download tool tsb secara gratis disini (Ingat, selalu download dari website resminya. Jangan dari pihak ke-3): https://interconnectit.com/products/search-and-replace-for-wordpress-databases/

14

Download tool search & replace database di website resmi nya

 

Setelah berhasil di download, extract file .zip nya dan upload folder nya ke direktori root WordPress Anda. Anda mungkin bisa me-rename nama folder search & replace tsb agar lebih mudah di akses.

Setelah sudah di upload, Anda bisa meng-akses tool tsb langsung dari website Anda. Misal : www.web-anda.com/search-replace. Harusnya tampilan nya adalah seperti ini :

16

Pastikan database Anda benar

Pada bagian replace, masukan absolute URL dari localhost Anda. Bagaimana cara mengetahui nya? Gampang. Coba Anda kembali lagi ke PhpMyAdmin cPanel Anda. Pilih database Anda, lalu pada bagian table, pilih table _options :

Pilih table Options

Pilih table _options

 

Nanti akan muncul absolute URL dari database Anda. Itulah URL yang sekarang sedang mengarah di database Anda. Copy URL tsb :

18

Copy Absolute URL database Anda

 

Lalu kembali lagi ke halaman search & replace database Anda di hosting, dan paste URL tsb pada bagian replace (Pastikan juga credential account database Anda seperti nama database, username dan password sudah benar. Karena jika salah, proses akan gagal) :

19

Ganti URL localhost Anda ke URL website Anda saat ini

 

Maksud dan tujuan dari proses ini adalah, untuk merubah semua URL localhost di database Anda menjadi URL website Anda (Contoh kali ini misalnya http://web-anda.com). Tool ini akan mencari semua URL localhost di database Anda dan merubah semua nya secara otomatis ke URL website Anda, sehingga tidak ada lagi aset yang 404 karena salah URL di web Anda.

Setelah Anda sudah yakin URL nya, database, username & password benar semua, klik Live Run. Dan tunggu beberapa saat sampai tool berhasil meng-konversi semua URL. Setelah itu, maka proses migrasi Anda sudah 100% selesai dan web Anda saat ini harusnya sudah bisa digunakan dengan baik.

Jangan lupa untuk meng-hapus seluruh folder search & replace setelah selesai digunakan, agar tidak di manfaatkan cracker untuk meng-hack database website Anda!

Semoga tutorial sederhana ini bermanfaat bagi orang banyak.


facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail