Cara Kirim Nomor Resi dengan WooCommerce, Mudah!

Nasikhun A. 02 Jul 2024 4 Menit 0

Bagi pemilik website toko online, cara kirim nomor resi dengan WooCommerce perlu Anda pelajari dan terapkan setelah install WooCommerce di WordPress. Rekomendasi ini bukan dibuat tanpa alasan.

Pengiriman nomor resi bisa meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi jumlah komplain, hingga memberikan citra positif terhadap brand Anda. Bagaimana hal ini dapat terjadi?

Artikel ini membahas mengenai beberapa alasan kenapa Anda harus mengirim nomor resi ke pelanggan, dan bagaimana cara kirim nomor resi tersebut dengan menggunakan WooCommerce.

Kenapa Kirim Nomor Resi dengan WooCommerce Penting?

Nomor resi penting untuk melacak paket pengiriman. Setelah membuat toko online dengan install WordPress, ada beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda mengirim nomor resi ke pelanggan toko online Anda:

1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan cara kirim nomor resi menggunakan WooCommerce, hal ini memudahkan pelanggan untuk mengecek progres pengiriman barang yang mereka beli melalui situs cek resi.

Selain itu, ini menunjukkan transparansi dalam proses pengiriman barang. Sehingga kedua faktor tersebut bisa meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan dari brand Anda.

2. Menurunkan Jumlah Pertanyaan Pelanggan

Apabila Anda proaktif dengan cara mengirim resi ke pelanggan, hal ini dapat menurunkan jumlah pertanyaan pelanggan terkait progres pengiriman. Karena pelanggan bisa memeriksa progresnya secara mandiri.

Turunnya jumlah pertanyaan ini memberikan domino effect secara positif terhadap keuntungan selanjutnya, yakni meningkatkan efisiensi operasional.

3. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Efek dari kirim resi ke pelanggan juga bisa meningkatkan efisiensi operasional usaha Anda. Oleh karena jumlah pertanyaan yang tidak banyak, sehingga Anda tidak membutuhkan banyak tim untuk meng-handle pekerjaan tersebut.

Dengan lebih sedikit tim yang dibutuhkan, tentu hal ini dapat mengurangi ongkos operasional perusahaan. Selain itu, tim yang ada juga bisa lebih fokus ke peningkatan profit, misalnya melalui pengembangan website dengan memasang plugin reminder pembayaran.

4. Menciptakan Brand Perception yang Positif

Pemanfaatan teknologi WooCommerce kirim resi juga akhirnya dapat menciptakan brand perception yang positif terhadap produk Anda, yakni kesan positif dari brand Anda.

Ini adalah implikasi dari transparansi pengiriman yang merupakan hasil dari kemudahan pelanggan melakukan pelacakan pengiriman barang menggunakan nomor resi.

Selain dengan melakukan pengiriman resi, Anda juga dapat meningkatkan kesan baik brand Anda dengan membuat kupon diskon di WooCommerce. Adanya diskon dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Itulah beberapa alasan mengapa pemilik website toko online sebaiknya mengirim nomor resi ke pelanggan. Lantas, bagaimana cara kirim nomor resi dengan WooCommerce ke pelanggan Anda?

Cara Kirim Nomor Resi dengan WooCommerce

Cara kirim nomor resi dengan WooCommerce secara efektif ke pelanggan adalah dengan menginstal salah satu plugin WooCommerce terbaik, yakni plugin Kirim Resi. Ada dua tahap untuk bisa mengirim resi ke pelanggan:

Tahap 1: Pasang Plugin Kirim Resi

Pada tahap pertama ini, Anda perlu install Plugin Kirim Resi. Mula-mula, Anda perlu membeli plugin Kirim Resi. Jika sudah, berikut ini cara install plugin WordPress tersebut:

  1. Buka website Tonjoo Studio > buka halaman Akun Saya > pilih opsi Item Saya.
    Cara Kirim Nomor Resi dengan WooCommerce
  2. Pada halaman lisensi Plugin Resi, klik Download untuk mengunduh plugin Kirim Resi > salin Kode lisensi yang tertera.
    Cara Kirim Nomor Resi dengan WooCommerce
  3. Masuk ke WP Admin website WordPress Anda, pada sidebar sebelah kiri, klik menu Plugins > klik Upload Plugin > cari file plugin resi yang sebelumnya sudah Anda download dengan klik tombol Choose File > jika sudah memilih plugin, klik Install Now.
    Cara Kirim Nomor Resi dengan WooCommerce
  4. Tunggu beberapa saat, kemudian klik Activate Plugin.
    Cara Kirim Nomor Resi dengan WooCommerce
  5. Buka menu Plugins > pilih opsi Tonjoo License Manager. Status lisensi masih berwarna merah jika belum diaktivasi > masukkan kode lisensi pada field Your License Code > klik Check License. Jika berhasil, License Status berubah menjadi hijau dengan teks Activated.
    Cara Kirim Nomor Resi dengan WooCommerce

Setelah berhasil melakukan aktivasi plugin, harus ada yang melakukan order sehingga Anda bisa mengirim nomor resi.

Sebelum ada order dari konsumen secara langsung, pastikan Anda sudah melakukan testing pengiriman resi. Jadi berikut skenario yang mungkin Anda hadapi:

  • Jika website masih berada dalam tahap development pada localhost, Anda perlu pasang plugin SMTP kemudian melakukan testing order dan kirim resi seperti pada tahap 2 di bawah; atau
  • Jika website sudah dalam tahap staging atau production pada server hosting, Anda bisa langsung testing order fiktif, kemudian kirim resi seperti pada tahap 2 di bawah ini.

Tahap 2: Kirim Nomor Resi

Setelah plugin kirim resi sudah behasil Anda pasang dan sudah terdapat order produk di website WooCommerce Anda, lakukan pengiriman resi dengan langkah berikut:

  1. Pada WP Admin website WordPress Anda, klik menu WooCommerce di sidebar kiri > pilih menu Orders.
    Cara Kirim Nomor Resi dengan WooCommerce
  2. Klik Order yang ingin Anda kirim nomor resinya.
    Kirim Nomor Resi dengan WooCommerce
  3. Pada halaman order tersebut, tujukan kursor ke blok Shipping Tracking > pada bagian Courier, pilih kurir yang Anda gunakan untuk mengirim paket yang di-order.
    Kirim Nomor Resi dengan WooCommerce
  4. Lanjut pada bagian Service, Anda dapat memasukkan jenis layanan kurir yang digunakan, ini opsional. Contohnya, untuk kurir JNE, bisa pakai Reguler, YES, atau lainnya.
  5. Pada bagian Tracking number, masukkan nomor resi > klik Send tracking number.
  6. Selesai. Selanjutnya Anda bisa cek pada email yang Anda gunakan untuk testing.

Ketika cek di email, Anda akan menemukan nomor resi seperti berikut ini:

Kirim Nomor Resi dengan WooCommerce

Email seperti di atas yang akan pelanggan Anda terima. Namun perlu dicatat bahwa email yang dikirimkan pelanggan harus tepat. Jika salah, tentu pengiriman nomor resi gagal atau salah alamat.

Jika hal tersebut terjadi, Anda dapat menghubungi pelanggan melalui kontak yang diberikan. Sehingga mereka bisa mengirimkan email yang tepat.

Sudah Berhasil Kirim Nomor Resi dengan WooCommerce?

Demikian tutorial cara kirim nomor resi dengan WooCommerce kepada pelanggan website toko online Anda. Dengan menggunakan plugin Kirim Resi, yakni plugin turunan WooCommerce, akan memudahkan Anda melakukan pengiriman resi.

Anda bisa menggunakan plugin tersebut baik saat website masih di localhost atau ketika sudah live. Namun jika di localhost, pastikan Anda menggunakan plugin SMTP agar email dapat terkirim.

Untuk meningkatkan trust pada brand, Anda juga dapat menggunakan plugin refund WooCommerce, sehingga ada jaminan pengembalian produk oleh pelanggan jika terdapat kondisi tertentu.

Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam mengembangkan website e-c0mmerce, terutama yang berbasis WordPress, Anda bisa bekerja sama dengan tim Tonjoo. Kami memiliki pengalaman bersama klien seperti Polygon Bike, Hello Health Group, Universitas Gadjah Mada dan Hipwee.

Jika Anda tertarik untuk bekerja sama, silakan hubungi Tim Tonjoo melalui kontak kami.

SMTP


Baca artikel terkait WordPress, WooCommerce, Plugin dan pengembangan website lainnya dari Moch. Nasikhun Amin di blog Tonjoo Studio.


 

Last Updated on Juli 2, 2024 by Nasikhun A.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

A late specializer, data-informed technical writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.