Tonjoo Ikut Serta Memeriahkan WordCamp NextGen Event Tegal 2023

Nasikhun A. 24 Okt 2023 4 Menit 0

WordCamp NextGen Event Tegal 2023 sukses digelar pada Minggu, 22 Oktober 2023. Acara tersebut dihadiri oleh praktisi dan delegasi perusahaan teknologi yang berkaitan dengan WordPress di Indonesia.

Workshop yang bertajuk WordPress for Enterprise tersebut dilaksanakan di KHAS Hotel, Kota Tegal, Jawa Tengah. Acara WordCamp pertama di Kota Bahari ini mengusung format NextGen Event.

Dengan format baru WordCamp ini, peserta tidak hanya mendapatkan materi, namun juga bisa membangun jejaring sosial. Lantas, apa itu WordCamp NextGen Event Tegal? Seperti apa kegiatannya berlangsung? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Dihadiri oleh Peserta dari Berbagai Wilayah di Indonesia

Demografi wilayah peserta WordCamp NextGen Event Tegal 2023.

Demografi wilayah peserta WordCamp NextGen Event Tegal 2023.

Sebanyak 78 peserta berbondong-bondong menghadiri WordCamp NextGen Event Tegal. Jumlah ini di luar ekspektasi panitia, lantaran target penjualan tiket awalnya hanya terbatas untuk 50 peserta saja.

Tidak hanya dari Jawa Tengah di mana event diselenggarakan, mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta dari luar daerah, seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Lombok hingga Medan pun cukup banyak.

Jumlah peserta WordCamp NextGen Event Tegal 2023.

Jumlah peserta WordCamp NextGen Event Tegal 2023.

Dari keseluruhan peserta, 76% dari mereka adalah peserta baru yang belum pernah menghadiri event WordCamp sama sekali sebelumnya. Tak ayal jika ajang ini menjadi kesempatan emas bagi mereka untuk networking.

Materi WordPress for Enterprise yang Up-to-Date

WordCamp NextGen Event Tegal 2023

Ivan Kristianto saat memaparkan materi keynote di WordCamp NextGen Event Tegal 2023

Event ini dibuka dengan pemaparan materi keynote dari Ivan Kristanto, Senior Engineer di Human Made dan Core Contributor WordPress. Ia menjabarkan alasan mengapa tema WordPress for Enterprise ini penting untuk diangkat.

Menurutnya, sebagian besar Enterprise atau perusahaan dari berbagai skala menggunakan WordPress sebagai website mereka. Ini merupakan pangsa besar bagi praktisi WordPress, mulai dari developer hingga designer.

Argumen Ivan valid. Jika melansir w3techs.com, 63% CMS yang digunakan di dunia saat ini adalah WordPress. Ivan juga memaparkan bukti bahwa brand besar pun banyak yang memilih CMS WordPress, sebut saja Microsoft News, TED Blog, TIME, Spotify, Coldplay, hingga Imagine Dragons.

Sementara itu, untuk brand lokal juga tak mau kalah dalam menggunakan WordPress sebagai platform CMS-nya. Contohnya seperti Hypermart, Sunpirde Indonesia, Siantar Top, Bloods, Swallow Footwear, hingga Polygonbikes.

Maka dari itu, Ivan berpendapat penting untuk memanfaatkan WordPress sebagai CMS untuk membuat website perusahaan, tidak melulu untuk website blog saja. Itulah alasan diangkatnya tema WordPress for Enterprise.

Menyambung pemaparan Ivan, materi selanjutnya dibawakan oleh Kharis Sulistiyono, penyelenggara event WordCamp Tegal ini yang merupakan Organizer WordCamp Asia dan juga anggota WordPress Polygot sejak tahun 2019.

WordCamp NextGen Event Tegal 2023

Kharis Sulistiyono saat berbicara di WordCamp NextGen Event Tegal 2023.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Kharis mengatakan bahwa format WordCamp kali ini berbeda dan pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia. Karena kegiatannya bukan hanya pemaparan materi, namun ada workshop dan sesi networking-nya.

“Dengan format seperti ini, peserta bisa networking dan membahas strategi mengembangkan komunitas WordPress, gathering sesama pembuat tema WordPress, hingga diskusi terkait teknik baru, strategi pemasaran, hingga metode maintanance-nya.” Jelas Kharis kepada Tonjoo.

Setelah Kharis selesai, selanjutnya masuk ke acara inti, yakni praktik pembuatan website WordPress untuk perusahaan. Bagian ini di-demo-kan oleh Rio Burhan, Creative Directior di FAB Indonesia yang juga menjadi Organizer WordPress Meetup Jakarta.

Saat sesi WordCamp NextGen Event Tegal berlangsung.

Saat sesi demo pembuatan website WordPress for Enterprise di WordCamp NextGen Event Tegal berlangsung bersama Rio Burhan.

Dalam workshop bertema WordPress for Enterprise ini, secara teknis yang dipelajari adalah pembuatan website menggunakan editor Gutenberg full site editing. Namun, khusus untuk topik enterprise atau pembuatan website perusahaan, ada hal yang perlu diperhatikan.

Menurut Rio, sebelum membuat website, penting memahami (1) Background, yakni siapa yg berbicara dan apa yang disampaikan. Pada dasarnya, pemahaman background adalah tentang memahami brand identity.

Selanjutnya (2) Audience, yakni siapa target pasarnya. Ketika membuat website untuk perusahaan, penting untuk memahami target pasar dari perusahaan tersebut. Di sini outputnya membuat buyer persona untuk brand.

Kemudian yang terakhir adalah (3) concept, yakni membuat konsep desain website yang sesuai dengan 2 poin sebelumnya. Di sini adalah proses menentukan style dan mood dari website.

Apabila melakukan 3 tahap di atas dengan baik, tentu akan lebih mudah ketika Anda hendak mempraktikkan cara membuat homepage dengan Gutenberg WordPress.

Sesi workshop ini juga dibantu oleh beberapa pakar, salah satunya Radius Arianto, SEO Manager di Kalibrr. Tak hanya berbagi pengetahuan soal pembuatan website, Chef (sapaan akrab Radius) juga banyak memberi tambahan ilmu.

Radius Arianto saat membantu sesi workshop WordPress for Enterprise di WordCamp NextGen Event Tegal 2023.

Radius Arianto saat membantu sesi workshop WordPress for Enterprise di WordCamp NextGen Event Tegal 2023.

Karena ia pakar dalam hal SEO, banyak insight baru yang didapat oleh peserta terkait dengan cara optimasi mesin pencari. Kesempatan ini juga dimanfaatkan banyak peserta untuk berkonsultasi masalah SEO.

Adanya banyak pakar seperti Radius ini menjadi nilai tambah dalam menghadiri event WordCamp. Sehingga ilmu yang didapat menjadi lebih luas lagi.

Partisipasi Tonjoo pada WordCamp NextGen Event Tegal 2023

Tonjoo Ikut Serta Memeriahkan WordCamp NextGen Event Tegal 2023

Pada acara tersebut, Tonjoo sebagai salah satu sponsor pada acara WordCamp NextGen event Tegal 2023 mengirimkan beberapa tim untuk berpartisipasi dalam kegiatan.

Delegasi dari Tonjoo adalah Kevin Alan K.S. (Supervisor Tonjoo Media Operation), Ahmad Muzzaki (Software Quality Assurance), Alga Kharisma (Front-End Engineer) dan Moch. Nasikhun Amin (SEO Technical Writer).

Saat sesi WordCamp NextGen Event Tegal berlangsung.

Saat sesi WordCamp NextGen Event Tegal berlangsung.

Saat kegiatan workshop berlangsung, tim Tonjoo berkesempatan untuk membangun jejaring sosial dan berkolaborasi dengan beberapa WordPress developer dari Tegal dan beberapa daerah lainnya.

Para delegasi juga sempat berdiskusi dalam workshop project tersebut bersama dengan fasilitator kegiatan, di antaranya yakni dengan Radius dan juga Dzikri Aziz.

Keseruan Sesi Doorprize di Penghujung Acara WordCamp

Saat sesi WordCamp NextGen Event Tegal berlangsung.

Saat sesi doorprize di WordCamp NextGen Event Tegal berlangsung.

Selain sesi serius di saat pemaparan materi dan workshop, WordCamp kali ini juga ada bagian seru-seruannya, yakni di sesi doorprize bersama dengan beberapa sponsor.

Sesi ini diadakan setelah workshop selesai, yakni pada pukul 16.00 WIB. Berbagai hadiah menarik tersedia, mulai dari goodie bag, saldo e-wallet, kaos, hingga speaker bluetooth ada.

Game yang dimainkan juga sangat seru, yakni bermain tebak-tebakan, joget lucu, dan juga spinner. Sponsor dalam sesi ini datang dari Aspire, Domainesia, dan Jagoan Hosting.

WordCamp NextGen Event dan Harapan Selanjutnya

Tim Tonjoo Alga Kharisma, Kevin Alan, Ahmad Muzzaki, dan Moch. Nasikhun Amin beserta seluruh peserta dan panitia WordCamp NextGen Event Tegal 2023.

Seluruh peserta dan volunteer WordCamp NextGen Event Tegal 2023.

Pasca acara, Rio Burhan yang saat itu menjadi pemateri untuk demo pembuatan website juga menyampaikan informasi penting, yakni terkait dengan kegiatan WordCamp NextGen Event tahun depan.

Acara tersebut akan diadakan di Jakarta dengan mengusung tema WordPress Web Challenge – NextGen Jakarta 2024.

“Rencananya, WordCamp ini akan diadakan di akhir bulan Januari 2024 mendatang.” Papar Rio saat diawawancarai oleh Tim Tonjoo terkait dengan event WordCamp selanjutnya.

Masih berdasarkan informasi dari Rio, agenda utama dari acara WordCamp di Jakarta tersebut adalah website competition & presentation (pitching) di mana para partisipan akan berkompetisi membuat website dan mempresentasikannya.

Rio menambahkan, selain kompetisi tersebut, rencananya nanti juga akan ada web exhibition dari partisipan di mana mereka akan memamerkan karya yang telah dibuat.

Untuk memantau informasi lebih lanjut, Anda dapat mengikutinya melalui website resmi WordCamp Central. atau follow Instagram resmi WordCamp Jakarta, yakni @wcjkt.

Harapanya, acara seperti ini dapat terus rutin diadakan. Sehingga acara ini dapat mempererat komunitas WordPress di Indonesia.


Baca artikel terkait WordPress, WooCommerce, Plugin dan pengembangan website lainnya dari Moch. Nasikhun Amin di blog Tonjoo Studio.


 

Last Updated on November 9, 2023 by Nasikhun A.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

A late specializer, data-informed technical writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.