Karakteristik & Contoh Desain Website Terbaik di Indonesia

Nasikhun A. 29 Feb 2024 4 Menit 0

Sebelum memulai pembuatan website sendiri atau bekerjasama dengan penyedia layanan pembuatan website, Anda mungkin ingin mengeksplorasi beberapa contoh desain website yang unggul terlebih dahulu.

Desain dan fungsionalitas sebuah website memainkan peran krusial dalam meningkatkan user engagement. Berdasarkan ulasan literatur yang dipublikasikan di Journal of Communication and Media Technologies, terdapat berbagai karakteristik yang menandai sebuah desain website yang efektif.

Dengan memahami karakteristik-karakteristik tersebut, Anda akan dapat menentukan contoh desain yang sesuai untuk website yang akan Anda kembangkan.

Apa sajakah karakteristik dari desain website yang efektif itu? Apakah hanya terbatas pada estetika dari antarmuka pengguna (UI) saja? Bagaimanakah cara menemukan referensi desain website yang berkualitas? Dapatkan penjelasannya lebih lanjut di bawah ini!

Karakteristik Desain Website Berkualitas Tinggi

Seperti yang sempat disebutkan, terdapat beberapa karakteristik penting dari desain website yang berkualitas yang akan dijelaskan lebih lanjut.

Dengan mengimplementasikannya saat Anda mengembangkan website menggunakan WordPress atau teknologi lain, performa website Anda akan meningkat. Berikut adalah beberapa indikator untuk mengevaluasi kualitas desain website:

1. Navigasi yang Intuitif

Aspek kunci untuk menilai kualitas sebuah website adalah melalui navigasi intuitifnya. Navigasi memudahkan pengunjung dalam menelusuri berbagai halaman di website. Unsur-unsur penting dalam navigasi meliputi:

  • Struktur menu
  • Penamaan yang jelas
  • Penempatan menu
  • Petunjuk visual
  • Breadcrumb untuk navigasi linear
  • Fitur pencarian

2. Visual yang Eye-Catching

Menurut studi oleh Top Design Firms pada tahun 2021, gambar (40%) merupakan elemen visual yang paling mempengaruhi website, diikuti oleh warna (39%), dan video (21%). Oleh karena itu, penting untuk mengoptimalkan penggunaan elemen grafis dalam desain web.

3. Tata Letak yang Terorganisasi

Ciri lain dari desain web yang efektif adalah tata letak yang terorganisir dengan baik, yang memudahkan pengguna dalam memahami isi konten.

Elemen-elemen yang berkaitan dengan tata letak mencakup penggunaan ruang kosong (whitespace), pemisahan konten yang jelas, dan hierarki visual yang intuitif.

4. Kegunaan Konten

Selain itu, kegunaan konten atau utility konten juga menandakan desain web yang berkualitas. Meskipun tidak langsung terkait dengan aspek visual, desain strategi konten yang efektif sangat mempengaruhi performa website.

Konten di website harus informatif, relevan, dan terkini. Dari sisi teknis, konten harus disajikan secara ringkas dan jelas, dengan mempertimbangkan audiens target.

5. Tujuan yang Terdefinisi

Kualitas desain website juga ditentukan oleh kejelasan tujuannya. Ini akan mempengaruhi elemen desain apa yang perlu dikembangkan dan ditampilkan di website.

Contoh, landing page untuk produk perangkat lunak mungkin memuat informasi tentang fiturnya, manfaatnya, dan tombol CTA untuk pembelian.

Tujuan pembuatan website lainnya bisa mencakup branding, pemasaran, transaksi online, sarana informasi, atau pembangunan personal branding.

6. Keterbacaan Konten

Masih terkait dengan konten, desain teks harus mudah dibaca dan dipahami. Ini termasuk pemilihan font yang jelas, ukuran teks yang tepat, dan kontras warna yang sesuai.

Untuk website yang lebih maju, keterbacaan konten untuk pengguna dengan disabilitas juga dipertimbangkan, seperti penyesuaian untuk pengguna buta warna.

7. Desain Responsif

Aspek penting lainnya adalah responsivitas website terhadap mobile, yaitu kemampuan website untuk menyesuaikan tampilan dengan baik di berbagai ukuran layar dan perangkat, khususnya mobile.

Menerapkan prinsip-prinsip ini dalam desain web akan meningkatkan manfaat dan nilai dari memiliki website. Untuk pemahaman yang lebih mendalam, Anda dapat melihat contoh-contoh desain website terbaik berikut ini.

Contoh-Contoh Desain Website Terkemuka di Indonesia

Setelah Anda menguasai cara mendesain tata letak website, penting juga untuk mengeksplorasi berbagai contoh desain website yang unggul, meliputi situs e-commerce, situs universitas, situs berita, situs pariwisata, situs edukasi teknologi, sampai ke profil perusahaan.

1. Contoh Design Website Penjualan

Contoh Desain Web terbaik

Situs e-commerce atau toko online dirancang khusus untuk memfasilitasi penjualan produk atau layanan secara digital. Situs jenis ini perlu menekankan pada kemudahan navigasi, tampilan produk yang memikat, proses pembayaran yang efisien, serta desain yang kompatibel di beragam perangkat.

Anda bisa mendapatkan situs semacam ini dengan menggunakan layanan profesional pembuat situs e-commerce. Sebagai ilustrasi desain situs e-commerce yang berkualitas, bisa dilihat pada situs Polygonbikes.com.

  • Fitur Standar: Termasuk keranjang belanja, opsi pembayaran, katalog produk, ulasan dari pengguna, dan fasilitas pencarian produk.
  • Kegunaan: Bertujuan untuk melakukan penjualan produk atau layanan melalui internet.
  • Teknologi yang Digunakan: Menggunakan platform seperti Shopify, WooCommerce (khusus untuk pengguna WordPress), atau Magento, ditambah dengan penerapan HTML, CSS, JavaScript, serta teknologi backend seperti PHP atau Ruby on Rails.

2. Contoh Desain Website Universitas Terbaik

Situs web ini berfungsi sebagai sumber informasi mengenai universitas, mencakup program studi, kegiatan kampus, dan fasilitas untuk mahasiswa. Sebagai contoh situs web universitas yang sederhana tetapi berkualitas tinggi, dapat dilihat pada situs Universitas Gadjah Mada (UGM).

Contoh Desain Web terbaik

Situs UGM dikembangkan menggunakan CMS WordPress, yang menampilkan layout informatif dan terstruktur dengan baik, memudahkan akses ke informasi krusial seperti detail penerimaan mahasiswa baru dan informasi departemen akademik.

Untuk pembuatan situs web universitas, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan penyedia layanan pembuatan situs web universitas yang memiliki pengalaman.

  • Fitur Standar: Termasuk data akademik, portal untuk mahasiswa, kalender akademik, detail tentang proses penerimaan, serta seksi berita atau pengumuman.
  • Teknologi yang Digunakan: Menggunakan sistem manajemen konten (CMS) seperti Drupal, Joomla, atau WordPress, serta penggunaan HTML, CSS, JavaScript, dan teknologi backend seperti Python dengan Django atau PHP.

3. Contoh Desain Situs Web Berita/Blog

Contoh Desain Web terbaik

Situs web ini dirancang untuk menyajikan berita dan informasi terkini, termasuk rubrik artikel, opini, dan ulasan analitis.

Sangat penting untuk merancang layout yang memfasilitasi pembacaan teks panjang dengan nyaman, menyediakan navigasi yang intuitif untuk eksplorasi berbagai topik, serta memastikan desain web yang responsif agar dapat diakses dengan baik di berbagai jenis perangkat.

Sebagai ilustrasi desain situs web yang menawan, pintartekno.id dan Hello Sehat dapat dijadikan referensi. Kedua situs ini memanfaatkan WordPress sebagai platform CMS mereka, dipilih karena keunggulannya dalam mendukung optimisasi SEO situs web secara efektif.

4. Contoh Desain Website Wisata

Contoh Desain Website Terbaik

Situs web ini ditujukan untuk memberikan detail tentang tujuan wisata, termasuk panduan perjalanan, tinjauan, dan layanan pemesanan trip.

Sangat penting bagi situs ini untuk menampilkan foto-foto yang memukau dan menginspirasi dari lokasi wisata, menyediakan navigasi yang memudahkan pengguna dalam merencanakan liburan mereka, serta menyajikan informasi yang dapat dengan mudah diakses.

Sebagai ilustrasi dari desain situs web pariwisata yang memenuhi standar tinggi, Taman Wisata Candi (TWC) dapat dijadikan sebagai referensi.

5. Contoh Web Design Edutech

Contoh Desain Website Terbaik

Platform digital ini menyediakan berbagai sumber daya pendidikan dan alat belajar, biasanya melalui kursus online interaktif atau konten pembelajaran digital.

Sangat penting untuk mengutamakan antarmuka pengguna yang memfasilitasi proses belajar, termasuk navigasi kursus yang mudah dimengerti, penyajian konten pembelajaran yang terstruktur dengan baik, dan desain yang responsif di beragam perangkat.

Maka dari itu, rekomendasi kami kali ini untuk desain website edutech terbaik adalah Futureskills.

6. Contoh Web Design Company Profile

Contoh Desain Website Terbaik

Situs web ini bertujuan untuk menyampaikan detail tentang suatu perusahaan, meliputi layanan, produk, tujuan, dan cara menghubungi.

Desain situs harus mencerminkan profesionalisme dan harus sesuai dengan identitas merek perusahaan, memastikan bahwa informasi tentang layanan dan cara untuk berkomunikasi mudah untuk ditemukan.

Memiliki pemahaman yang baik tentang unsur-unsur situs web profil perusahaan akan memudahkan proses pembuatan situs tersebut. Salah satu website profil perusahaan yang memenuhi karakteristik tersebut adalah Unilever.

Sudah Menemukan Contoh Desain Website Terbaik?

Demikianlah ulasan mengenai karakteristik desain web yang efektif serta contoh-contoh desain web yang memenuhi standar tinggi. Jika Anda berencana untuk menggunakan layanan desain web, tim Tonjoo dapat dihubungi melalui kontak yang tersedia.

Dengan menghubungi mereka, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan konsultasi gratis mengenai estimasi waktu yang diperlukan untuk pengembangan website serta detail terkait biaya pembuatan website.

Dukung website e-commerce Anda dengan plugin kami!


Baca artikel terkait WordPress, WooCommerce, Plugin dan pengembangan website lainnya dari Moch. Nasikhun Amin di blog Tonjoo Studio.


 

Last Updated on Maret 13, 2024 by Nasikhun A.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

A late specializer, data-informed technical writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.